ANALISIS KHITTAH NAHDLIYYAH: Sebagai Usaha Membentengi Aqidah Ahlussunnah Wal Jama‟ah Dan Keutuhan NKRI Di Kalangan Kaum Nahdliyyin Dari Paham RadikalSesat Di Lingkungan Kabupaten Jember Tahun 2016
Sebagai Usaha Membentengi Aqidah Ahlussunnah Wal Jama‟ah Dan Keutuhan NKRI Di Kalangan Kaum Nahdliyyin Dari Paham Radikal- Sesat Di Lingkungan Kabupaten Jember Tahun 2016
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Analisis Khittah
Nahdliy-yah: Sebagai Usaha Membentengi aqidah Ahlussunnah Wal Jama‟ah
Dan Keutuhan NKRI Di Kalangan Kaum Nahdliyyin Dari Paham RadikalSesat Di Lingkungan Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah
menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dokumentasi, Kuesioner, studi kepustakaan.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan reflektif.
Teknik Pengujian Keabsahan Data; metode triangulasi, metode diskusi, metode
komparasi, metode penerimaan kritikan. tujuan penelitian untuk mengungkap
pemahaman kaum nahdliyyin terhadap khittah nahdliyyah sebagai sumber
rujukan kaum nahdliyyin di dalam hidup beragama dan bernegara yang baik
yang berpijak pada sumber otoritatif ajaran Islam (al-Qur‟an, as-Sunnah, Ijma‟
Qiyas). Kaum Nahdliyyin yang menjadi obyek dan informan penelitian (LPAI,
BM, pengajian masyarakat di Lingkungan Kabupaten Jember) melakukan
pengajian aktif untuk menegakkan izzul Islam Wal Muslimin (menyesuaikan
kehidupan dengan nilai-nilai ajaran Islam), amar makruf nahi mungkar,
menolak paham radikal-sesat; yang berten-tangan dengan pengembangan Islam
Nusantara, mempertahankan NKRI, serta mencari solusi yang tepat terhadap
prolematika umat kontemporer dengan tetap berpijak pada Khittah Nahdliyyah.
Keywod: Analisis Khittah Nahdliyyah, aqidah aswaja, keutuhan NKRI, paham
Radikal Sesat,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.