PENGARUH KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI MI RAUDLATUL ULUM SERUT 05 PANTI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Prima Cristi

Abstract

Suatu negara di anggap berkembang atau maju jika pendidikan di negara tersebut sudah tertata dengan baik. Karena dengan adanya pendidikan yang baik atau kualitas pendidikan yang baik di harapkan dapat mengangkat harkat dan martabat manusia terserbut. Tanpa ada pendidikan yang baik suatu negara akan hancur dengan sendirinya. Untukmencapai tujuan tersebut, pendidikan harus aktif terhadap perkembangan zaman. Sehubungan dengan permasal-han di atas maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan penentuan responden menggunakan tehnik porposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, interview, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang di gunakan adalah metode statistik dengan rumus product moment. Dari hasil penelitian yang di lakukan dengan metode tersebut maka “ Ada pengaruh besar antara kompetensi guru kelas terhadap hasil belajar siswa di MIRaudlatul Ulum Serut 05 Kecamatan Panti Tahun pelajaran 2015/2016”. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik nganrumus Product Moment yaitu:
rxy =
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan metode tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kuat antara kompetensi guru kelas dengan kualitas hasil belajar siswa di MI Raudlatul Ulum Serut 05 Kecamatan Panti Tahun Pelajaran 2015/2016.

Published

2022-12-15

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar