PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSSING PROBLEM BERKELOMPOK DAN METODE CERAMAH

Authors

  • Prima Cristi

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tempurejo. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Jenis dari penelitian ini adalah komparatif, dimana
membandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas control. Desai yang digunakan adalah True Eksperimen Desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes, hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan. Kemudian dilanjutkan mencari hasil belajar yang lebih tinggi melalui hasil gain. Perhitungan dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji-t
adapun hasinya adalah t-hitung adalah 1.877 dan t-tabel adalah 1.671 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar denga Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah. Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah

Published

2022-06-30

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar