ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER

Penulis

  • Bastomi Dani Umnbrana

Abstrak

Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis antar perusahaan sangat ketat, baik di pasar domestik maupun di pasar
intemasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebih cepat, dan layanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini merupakan model penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyek analisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di Kab Jember. Dari kelima variabel bebas yaitu faktor 1 (physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Adapun kelima variabel bebas yang diteliti terbukti bahwa variabel bebas faktor 1 (physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) mempunyai koefisien beta sebesar 0,332; 0,510; 0,106; 0,045 dan 0,215, sehingga hipotesis kedua dinyatakan diterima. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalah faktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu 0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-23

Terbitan

Bagian

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar