Model PBI dalam Setting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.56013/bio.v10i02.1109Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang menggunakan model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dengan model PBI dan Model Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan pre-test dan post-test group design. Sampel penelitian 3 kelas dari 4 kelas yang ada diambil secara acak. Pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk soal tes. Data dianalisis dengan ANAVA satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian Terdapat perbedaan secara sinifikan antara kelas dengan pembelajaran Model PBI dalam setting tipe STAD, Model PBI, dan Model Konvensional. Model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada pembelajaran model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD perolehan skor sebesar 3,52 dan terendah 2,48 dikategorikan tinggi.
Kata kunci: BerpikirKreatif, Model PBI, STAD