Pengaruh Pupuk Organik Cair (POC) Bonggol Pisang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Hidroponik Dengan Sistem Sumbu (Wick System)

Authors

  • Pusfita Mawarni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indah Juwita Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v12i1.2080

Abstract

Cabai adalah salah satu komoditas sayuran yang mempunyai keunggulan komparatif dan dan kompetitif yang banyak diusahakan oleh petani dalam berbagai skala usahatani. Pemanfaatan bonggol pisang sebagai pupuk organik cair merupakan alternatif yang dapat dilakukan sebagai pemanfaatan dan pengolahan limbah pertanian agar dapat menciptakan pertanian berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai hidroponik pada berbagai konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) Bonggol Pisang dengan sistem wick. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kelompok perlakuan dengan 1 kelompok kontrol. Perlakuan 1 dengan pemberian konsentrasi POC 50 ml, perlakuan 2 dengan konsentrasi POC 75 ml dan perlakuan 3 dengan konsentrasi POC 100 ml. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, dan luas daun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh berbeda antara setiap perlakuan berbagai konsentrasi POC Bonggol Pisang terhadap pertumbuhan tanaman Cabai (Brassica juncea L.) dengan sistem wick. Penggunaan konsentrasi POC Bonggol Pisang yang paling baik pada umur 28 HST adalah dosis POC 100 ml/L air dengan hasil tinggi tanaman (5,8 cm), jumlah daun (2 helai), luas daun (2 cm2).

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Mawarni, P., & Juwita Sari , I. . (2023). Pengaruh Pupuk Organik Cair (POC) Bonggol Pisang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Hidroponik Dengan Sistem Sumbu (Wick System). JURNAL BIOSHELL, 12(1), 77–84. https://doi.org/10.56013/bio.v12i1.2080

Issue

Section

Articles