Penerapan Media Komik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Nurul Ulum Mayang

Authors

  • affin kamil universitas islam jember
  • Haning Hasbiyati universitas islam jember
  • Benny Afandi

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v11i1.1363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs. Nurul Ulum Mayang  dengan responden yang diteliti sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisa data ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang mulanya sebelum diterapkan media komik diperoleh nilai 50% dan ketuntasan klasikal 73,45. Dengan diterapkannya media komik pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan mencapai rata-rata 79,65 dengan ketuntasan klasikal 65% dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 87,35 dengan ketuntasan klasikal 90%.Seluruh kelas dikatakan tuntas secara klasikal jika persentase yang dicapai sekurang-kurangnya 75%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan penerapan media komik materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Mayang.

 

Kata kunci : media pembelajaran komik , hasil belajar

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

affin kamil, Haning Hasbiyati, & Benny Afandi. (2022). Penerapan Media Komik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Nurul Ulum Mayang. JURNAL BIOSHELL, 11(1), 64–67. https://doi.org/10.56013/bio.v11i1.1363

Issue

Section

Articles