Pengaruh Penggunaan Booklet Sistem Koordinasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F Kelas XI SMA N 3 Payakumbuh

Authors

  • Divi Andini Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syamsurizal . Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ardi . Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2775

Abstract

Hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di SMAN 3 Payakumbuh tergolong rendah karena penggunaan sumber belajar yang kurang bervariasi oleh guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan sumber belajar booklet. Booklet yang digunakan dalam penelitian ini sudah diuji kevalidan dan praktikalitasnya, namun belum di uji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengginaan booklet  sistem koordinasi terhadap hasil belajar peserta didik fase F kelas XI SMA N 3 Payakumbuh. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana sampel penelitin ini adalah kelas F2 sebagai kelas eksperimen dan F1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Intrumen yang digunakan adalah lembar soal berbentuk objektif. Analisis data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,67 lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 62,08. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Booklet sistem koordinasi terhadap hasil belajar peserta didik fase F kelas XI SMA N 3 Payakumbuh.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Andini, D., ., S., ., A., & Fajrina, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Booklet Sistem Koordinasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F Kelas XI SMA N 3 Payakumbuh. JURNAL BIOSHELL, 13(1), 24–30. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2775

Issue

Section

Articles