Tinjauan Literatur tentang Penggunaan E-Modul sebagai Media Pembelajaran Biologi

Authors

  • Muthia Try Fatma Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ganda Hijrah Selaras Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Fitri Olvia Rahmi Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4845

Keywords:

Kata kunci: E-Modul, Biologi, Pembelajaran interaktif, Media digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas e-modul sebagai media pembelajaran biologi melalui kajian literatur terhadap sepuluh artikel terbitan 2019–2024. Konten e-modul yang dikaji umumnya memadukan teks, ilustrasi, animasi, video, serta latihan soal kontekstual sehingga mampu memvisualisasikan konsep biologi yang abstrak dan sulit diamati secara langsung. Berbagai model pengembangan digunakan, seperti ADDIE, 4D, Problem Based Learning (PBL), dan literasi sains, untuk memastikan penyajian materi sistematis dan relevan dengan kebutuhan belajar abad ke-21. Hasil validasi ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan kategori sangat valid (rata-rata >90%), sementara uji kepraktisan oleh guru dan siswa menunjukkan kategori sangat praktis (umumnya >89%). Penerapan e-modul terbukti meningkatkan hasil belajar yang diukur melalui N-Gain, memperkuat keterampilan berpikir kritis, menumbuhkan motivasi, serta mendukung kemandirian belajar. Fleksibilitas akses e-modul memungkinkan penerapannya pada pembelajaran tatap muka, jarak jauh, maupun hybrid tanpa mengurangi efektivitasnya. Dengan demikian, e-modul menjadi media pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di era digital.

References

Ariyanto, E., Wardani, R., & Wibowo, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 19(2), 101–110.

Bahri, A., Arifin, A. N., Saparuddin, & Abrar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi Untuk Siswa SMA Kelas XII. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 129–137.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi Edukasi, 3(2), 15–25.

Fatmawati, N., Pattaufi, & Hakim, A. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 45–56.

Fitri, N., Sasmita, & Widya, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 155–164.

Fitriyani, R. (2022). E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 87–96.

Handayani, S., & Ramadhani, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 112–123.

Kurniawati, I. D., Kasmadi, & Yulistiana, M. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 23–32.

Ningsih, E. S., & Putra, A. P. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 77–85.

Rahayu, W., & Pratama, R. (2023). Pengembangan e-modul interaktif pada materi bioteknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 88–99.

Safitri, T., Nursamsu, & Mahyuni, S. R. (2024). Penerapan E-Modul Biologi Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Langsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1), 34–45.

Sari, R., & Utami, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 51–60.

Septiana, R., & Surahman, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan untuk siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 55–66.

Setiawan, S. A. L. W., Hartono, & Palennari, M. (2024). Pengembangan E-Modul Biologi Pada Materi Pembelahan Sel SMA Kelas XII. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 9(1), 1–10.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 5(1), 1–10.

Zahwa, N., & Syafi’i, M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(2), 200–210.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Fatma, M. T., Selaras, G. H., Fadilah, M., Fajrina, S., & Rahmi, F. O. (2025). Tinjauan Literatur tentang Penggunaan E-Modul sebagai Media Pembelajaran Biologi . JURNAL BIOSHELL, 14(2), 269–278. https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4845

Issue

Section

Articles