Analisis Media Pembelajaran terhadap Beban Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Sri Hidayatul Reski Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2773

Abstract

Mata pelajaran Biologi merupakan salah satu materi pelajaran yang mempunyai kompleksitas materi cukup tinggi dan terdapat istilah-istilah yang sulit dipahami peserta didik, hal ini akan berdampak pada beban kognitif peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk mengendalikan beban kognitif adalah dengan menerapkan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru untuk menyampaikan pesan. Media pembelajaran mempunyai beberapa tujuan diantaranya dapat meningkatkan motivasi dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap beban kognitif peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah literature review. Adapun sumber bacaan yang diambil dari artikel nasional dan artikel internasional yang relevan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis dan mengidentifikasi sumber bacaan yang digunakan, sehingga dihasilkan ringkasan yang berisi sejumlah informasi. Berdasarkan hasil analisis literature diketahui bahwa media pembelajaran yang baik dapat mengendalikan beban kognitif peserta didik yaitu dengan menurunnya beban kognitif ECL, beban kognitif ICL yang berada pada kapasitas memori kerja peserta didik, dan beban kognitif GCL yang meningkat

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Reski, S. H., & Fadilah, M. (2024). Analisis Media Pembelajaran terhadap Beban Kognitif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. JURNAL BIOSHELL, 13(1), 11–16. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2773

Issue

Section

Articles