Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review

Authors

  • Enjelly . Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2782

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi memiliki urgensi penting dalam peningkatan keterampilan abad 21. Keterampilan yang diharapkan berfokus pada terciptanya tatanan masyarakat yang mampu menguasai dan memahami sains. Literasi sains adalah salah satu kemampuan yang sangat diperlukan saat ini. Peningkatan literasi sains dapat dilakukan dengan memperhatikan penggunaan bahan ajar, model, pendekatan, dan instrumen evaluasi guru yang dikaitkan dengan literasi sains.. Penelitian ini merupakan literature review yakni menganalisis artikel yang relevan dengan memasukkan kata kunci “Literasi Sains” dan “Pembelajaran Biologi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, artikel terkait dalam rentang waktu lima tahun (2020-2024). Artikel rujukan berupa artikel dengan bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang didapatkan dari beberapa media database seperti Google Scholar, Science Direct, Publish or Perish dan Education Resources Information Center (ERIC) . Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran biologi masih belum maksimal, hal ini didapati karena hasil tes kemampuan literasi sains peserta didik belum merata. Terdapat skor literasi sains peserta didik yang sudah berada dalam kategori tinggi dan sedang. Tetapi, masih terdapat sekolah-sekolah dengan hasil tes literasi sains peserta didik yang dikelompokkan pada kategori rendah. Hal ini memerlukan perhatian khusus guna menunjang peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik, misalnya dengan mengaitkan pembelajaran pada permasalahan yang kontekstual ataupun menggunakan perangkat pembelajaran yang tepat, guna memberdayakan potensi kemampuan literasi sains. Hasil dari literature review ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi yang tepat mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

., E., & Fadilah, M. . (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. JURNAL BIOSHELL, 13(1), 89–98. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2782

Issue

Section

Articles