Analisis Beban Kognitif Peserta Didik pada Materi Sel Kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang

Authors

  • Marina Azzahra Nasution Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2759

Abstract

   Peserta didik akan merasa terbebani jika banyaknya informasi yang diterima ketika proses pembelajaran. Beban yang dialami peserta didik tersebut sering disebut dengan beban kognitif. Beban kognitif adalah hubungan antara memori kerja dengan gambaran kognitif peserta didik dalam mengolah informasi pada suatu waktu. Beban kognitif terbagi menjadi 3 komponen, yaitu (1) Intrinsic Cognitive Load (ICL), (2) Extraneous Cognitive Load (ECL), (3) Germane Cognitive Load (GCL).  Beban kognitif yang tinggi berdampak pada hasil belajar peserta didik  yang rendah. Karena peserta didik secara tidak langsung harus mampu mengingat semua hal yang dipelajari dengan kemampuan kerja memori yang terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kognitif peserta didik pada materi sel kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 97 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang.. Hasil penelitian ini menunjukkan data bahwa beban kognitif peserta didik pada komponen ICL tergolong baik dengan rata-rata 66,09, komponen ECL tergolong cukup dengan rata-rata 77,91, dan komponen GCL tergolong cukup dengan rata-rata 68,52. Kesimpulan penelitian ini adalah peserta didik memiliki beban kognitif dalam mempelajari materi sel.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nasution, M. A., & Fadilah , M. . (2024). Analisis Beban Kognitif Peserta Didik pada Materi Sel Kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang . JURNAL BIOSHELL, 13(1), 37–48. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2759

Issue

Section

Articles