Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo

Authors

  • Wildani Hafifah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Diah Sudiarti Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.918

Abstract

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran air dan tanah di SMP Babus Salam Silo, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Babus Salam Silo dalam mempelajari pencemaran air dan pencemaran tanah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar siswa pada  pra siklus sebesar 56,5%, siklus I sebesar 70,1% dan siklus II sebesar 76,2%. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengatasi rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2019-10-25 — Updated on 2021-01-14

Versions

How to Cite

Hafifah, W. ., Sudiarti, D. ., & Nurjanah, U. . (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo. JURNAL BIOSHELL, 8(2), 61–64. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.918 (Original work published October 25, 2019)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>