MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X (PUTRI) TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.919Abstract
Penelitian merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Peneliti melakukan penelitian di kelas X (putri) MA Bustanul Ulum Krai-Yosowilangun-Lumajang dengan responden yang diteliti sebanyak 19 siswa Putri. Peneliti melakukan observasi di kelas X (putri) MA Bustanul Ulum Krai-Yosowilangun dan diperoleh data sekitar 75 % menunjukkan nilai siswa ≤70. Prosedur yang digunakan adalah model siklus berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 38,131 dan siklus II mencapai hingga 44,605 sedangkan untuk melihat persentase hasil belajar siklus I mencapai 68,421% dan siklus II mencapai 94,736%.
Downloads
Published
Versions
- 2021-01-14 (2)
- 2019-10-25 (1)