Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al-Hidayah

Authors

  • Ade Fushilatul Laili Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Siti Roudlotul Hikamah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v8i1.671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa  pada Sistem Pernafasan pada Manusia Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Karangharjo Silo tahun ajaran 2018/2019, dengan menggunakan sampel penelitian kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) dengan pengambilan teknik sampling purpose. Pengambilan data dengan metode tes dan model penelitian Quasi eksperiment dengan model Nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Anova One Way dan Paired Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan hasil uji paired sample test yang memiliki nilai thitung > ttabel (thitung sebesar 2.091 pada pre test dan 6.304 pada post test > 1,714) pada uji hopitesis dengan menggunakan nilai sig 0,00. Sehingga  dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa  pada Sistem Pernafasan pada Manusia Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Karangharjo Silo.

Kata kunci : model pembelajaran RCCDE, hasil belajar, sistem pernapasan.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Laili, A. F., Hikamah, S. R., & Nurjanah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al-Hidayah. JURNAL BIOSHELL, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.36835/bio.v8i1.671

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>