Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.759Abstract
Pembelajaran IPA Terpadu pada kompetensi dasar interaksi mahluk hidup dengan lingkungan yang berlangsung belum ada media dalam pembelajaran, berdasarkan Penilaian Harian 61,2% yang mecapai ketuntasan, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.C di MTs. Zainul Hasan Balung, melalui implementasi sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII.C MTs. Zainul Hasan Balung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, dan observasi. Analisis data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Indikator keberhasil diukur dengan persentase ketuntasan klasikal 75% dan nilai KKM 70. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 90,3%.
Kata Kunci: Media Sistem Akuaponik, Hasil Belajar.