Penerapan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Ma Ma’arif Ambulu Materi Ekologi
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.774Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan media Scrapbook. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa pada siklus I sampai siklus II mencapai nilai ≥ 70%. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar diperoleh bahwa penerapan media Scrapbook terhadap hasil belajar siswa X IPA 2 MA Ma’arif Ambulu pada materi ekologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II sebesar 100%.
Kata Kunci : Media Scrapbook, Hasil Belajar Siswa