Penerapan Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Raudlatus Syabab Sukowono
Journal
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.755Abstract
Penerapan model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review)yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VII B di Mts Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, metode dokumentasi, metode wawancara. Adapun metode analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: PQ4R, Hasil belajar siswa