IMPROVING THE EIGHT YEAR STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) AT SMPT I GUMUKMAS TKB SYSMSUL ULUM IN ACADEMIC YEAR 2012/2013

Authors

  • Devit Elok Nur Faiqoh
  • M. Imam Mahfudi
  • Dihliza Basya

DOI:

https://doi.org/10.0034/edu.v2i1.91

Abstract

Masalah yang ditemukan pada waktu penelitian adalah (1) kurangnya motivasi siswa, mereka sering merasa bosan untuk membaca, dan malu untuk menjawab atau takut untuk membuat kesalahan, (2) kurangnya kosakata dan struktur, mereka selalu membuka kamus jika mereka menemukan kata-kata yang sulit sehingga perlu banyak waktu dan kelemahan tata bahasa mereka dipengaruhi oleh L1 mereka, (3) siswa tidak memiliki keterampilan kooperatif, mereka malu dan takut untuk berbagi masalah mereka dalam membaca dengan guru dan teman-teman, (4) siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam memahami teks bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dengan menggunakan bacaan strategi kolaboratif (CSR). Strategi ini memiliki empat fase, preview, dan bunyi denting, mendapatkan inti, dan membungkus. 

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di mana setiap siklus berakhir dengan pemberian tes. Penelitian ini dilakukan di SMPT 1 Gumukmas TKB Syamsul Ulum terletak di Gumuklimo, Nogosari, Rambipuji. Penelitian diterapkan pada semester pertama tahun pelajaran 2012-2013.

Subyek penelitian adalah siswa kelas delapan (VIII) yang terdiri dari 22 siswa. Data penelitian diperoleh dari instrumen: lembar observasi, tes, dan wawancara. Besdasarkan tes awal yang dilakukan sebelum menggunakan CSR, nilai rata-rata siswa adalah 64. Pada tes pertama setelah menggunakan CSR, nilai rata-rata siswa menjadi 73 dan pada tes ke dua meningkat menjadi 78. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan bacaan  strategi kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami bacaan.

    

Kata kunci: collaborative strategic reading (CSR), reading comprehension

Downloads

Published

2014-05-01

How to Cite

Faiqoh, D. E. N., Mahfudi, M. I., & Basya, D. (2014). IMPROVING THE EIGHT YEAR STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) AT SMPT I GUMUKMAS TKB SYSMSUL ULUM IN ACADEMIC YEAR 2012/2013. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.0034/edu.v2i1.91

Issue

Section

Articles