Effectiveness of Using "PAKSOBRI" with Quiz Faber to Improve Students' Problem Solving Abilities at Islamic University of Jember
DOI:
https://doi.org/10.36835/axi.v4i1.339Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifitasan penggunaan PAKSOBRI denga Quiz Faber untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jenis dari penelitian ini PTK dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa di Universitas Islam Jember. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa metode dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Ketuntasan perorangan dapat dicapai mahasiswa apabila seoarang mahasiswa mencapai skor ? 70 dari skor maksimal 100. (2) Mahasiswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya jika indikator kemampuan pemecahan masalah akhir lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah sebelumnya. (3) Siklus I dinyatakan berhasil jika ? 75% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran dan Siklus II dinyatakan berhasil jika 85% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatn kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa melalui penerapan PAKSOBRI dengan Quiz Faber.
Kata kunci: PAKSOBRI, Quiz Faber, pemecahan masalah
Abstrack
The purpose of this study is to describe the effectiveness of using a PAKSOBRI with Quiz Faber to improve student problem solving skills. The type of the research is CAR with qualitative research. The subject of this study was students at Islamic University of Jember. With the data collection method used consists of methods of documentation, observation, and testing. (1) Individual completeness can be obtained by students agreeing that a student reaches a score of ? 70 from a maximum score of 100. (2) Students improve their problem solving ability if the indicator of the final problem solving ability is better than the previous problem solving ability. (3) Cycle I was declared successful if ? 75% of students completed learning and Cycle II was approved successfully if 85% of students completed learning. The results obtained about an increase in problem solving skills in students through the application of PAKSOBRI with Quiz Faber.
Keywords: PAKSOBRI, Quiz Faber, problem solvingReferences
DAFTAR RUJUKAN
Arifin, Zaenal. 2010. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi. Surabaya: Lentera Cendikia
Alviana, L. 2013. BAB II Landasan Teori. [Online] http//eprints.walisongo.ac.id [Diunduh, 1 Juni 017]
Dewi, Kania Evita, dkk. 2013. Penerapan Metode Penugasan Dalam Perkulihan Aljabar Linier Dan Matrik. Jakarta: Universitas Komputer Indonesia
Faturrahman. 2012. Pengantar Pendidikan.Prestasi Pustaka: Jakarta
Fitria, Mia, dkk. 2014. Pengembangan Modul Aljabar Linier Elementer Bernuansa Konstruktivisme Berbantuan ICT
Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies (CSS) Jember
Polya. (1973). How to Solve It a New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Stanford University
Rosita, Cita Dwi, dkk. 2013. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kulaih Aljabar Linier 1. UNSWAGATI
Sari, Dwi Ivayana. 2008. Keefektifan Metode Silih Tanya Model Kompetisi Biasa Jenis 1 Antar Mahasi swa Pada Materi Ruang Vektor Mata Kuliah Alajabar Linier Elementer Smester V. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan
Siskawati, Fury Styo. 2017. Pengembangan Leker Gabel Dengan Hot Potatos Untuk Meningkatkat Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Islam Jember. UIJ: Jember
Solso, Robert. L, Maclin, Otto. H, dan Maclin, M. Kimberly. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 JURNAL AXIOMA : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.