PENERAPAN ANALISIS PUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

Authors

  • Imam Bukhori Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa Semester IV Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember pada matakuliah SPT II melalui tugas analisis pustaka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa  yang sedang menempuh mata kuliah SPT II. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian keterampilan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan rumus rata-rata yang diberlakukan untuk menghitung data hasil analisis pustaka. Analisis data menunjukkan rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 59,75 dan pada siklus II sebesar 62,90. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata kuliah SPT II dengan menerapkan analisis pustaka dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.

 

Kata kunci: Analisis pustaka, keterampilan berpikir kreatif

Downloads

Published

2018-07-27

How to Cite

Muslim, I. B. (2018). PENERAPAN ANALISIS PUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER. JURNAL BIOSHELL, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/229

Issue

Section

Articles