Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.777Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMP PGRI Mumbulsari.Tujuan khusus penelitian ini menguji signifikansi keterampilan kolaborasi siswa. Design penelitian ini dipilih secara acak, pada kelas A tersebut melaksanakan pembelajaran RCCDE yang telah dikembangkan sebagai kelas eksperimen, sedangkan pada kelas B menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Metode analisis data menggunakan uji persyaratan analisis Kruskal Wallis yang dioperasikan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dalam pengambilan keputusan uji Statistik non parametrik yaitu Jika nilai Asymp.Sig <0,05 maka ada pengaruh atau H0 ditolak dan Ha diterima. Jika nilai Asymp.Sig > 0,05 maka tidak ada pengaruhatau H0 diterima dan Ha ditolak. Diketahui bahwa nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara Kelas Kontrol dan kelas Eksperimen. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan.
Kata Kunci : Model RCCDE, Keterampilan Kolaborasi, Pencemaran Lingkungan