Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di MTs Nurul Islam Silo

Authors

  • Imam Bukhori Muslim Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Wahyuni Dewi Riatin Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Miftahul Hakim Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2455

Abstract

Hasil belajar bukan hanya berupa penguasaan pengetahuan, tetapi juga kecakapan dan keterampilan dalam melihat, mengaalisis, memecahkan masalah, membuat rencana dan mengadakan pembagian kerja.Dengan demikian aktifitas dan produk yang dihasilkan dari aktifitas belajar ini mendapatkan penilaian.Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Kuswati S.Pd., M.Si guru mata pelajaran IPA Terpadu di MTs Nurul Islam Silo mengatakan bahwa terdapat beberapa siswa khususnya mata pelajaran IPA nilainya rendah atau masih di bawah KKM, dan siswa cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran di kelas, sehingga guru harus benar-benar bisa membuat suasana pembelajaran di dalam kelas bisa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.Penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan data yang diperoleh menggunakan kuantitatif yang berasal dari tes hasil belajar.Subyek pada penelitian ini sebanyak 17 siswa.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh mencapai rata-rata 80, dengan ketuntasan klasikal sebanyak 82% dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar seluruh siswa pada siklus II mencapai 84, dengan ketuntasan klasikal 94%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa antara siklus I dengan siklus II sebesar 4.Bedasarkan hasil data yang diperoleh dari perbandingan siklus I dan siklus II yang dilaksanakan.Dengan demikian diperoleh kesimpulan: bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Sistem pencernaan pada manusia di MTs Nurul Islam Silo

KataKunci: Peningkatan hasil belajar, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Muslim, I. B. ., Dewi Riatin, W. ., & Hakim, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di MTs Nurul Islam Silo. JURNAL BIOSHELL, 13(1), 61–70. https://doi.org/10.56013/bio.v13i1.2455

Issue

Section

Articles