Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ali

Authors

  • Fiska Bita Farasa Unay Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Siti Roudlotul Hikamah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Miftahul Hakim Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v8i1.670

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RCCDE terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Nurul Ali pada sistem ekskresi manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII B dan VIII C MTs Nurul Ali. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive, pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Penelitian di awali dengan melakukan pre test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai yang di peroleh kelas eksperimen yaitu 60 sedangkan kelas kontrol 51. Hasil post test nilai rata rata siswa pada kelas eksperimen adalah 82 sedangkan nilai kelas kontrol adalah 69. Berdasarkan hasil uji paired sample test, pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai Thitung = 2.812 dan pada post test kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai Thitung = 5839, oleh karena  Thitung ≥ Ttabel maka hipotesis di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran RCCDE terhadap hasil belajar siswa.

 Kata Kunci : Model pembelajaran RCCDE, hasil belajar, siswa MTs Nurul Ali.



Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Farasa Unay, F. B., Hikamah, S. R., & Hakim, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ali . JURNAL BIOSHELL, 8(1), 25–31. https://doi.org/10.36835/bio.v8i1.670

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2