About the Journal

 Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember.  Terbit pertama pada bula November 2013 dengan p-ISSN: 2354-6263. Selanjutnya pada November 2018 terbit dengan tambahan e-ISSN: 2654-4814. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yakni pada bulan Mei dan November. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling  adalah jurnal yang mempublikasikan produk ilmu pengetahuan, pembelajaran dan bimbingan dan konseling bagi masyarakat luas yang membutuhkan kemajuan kehidupan melalui sharing knowledge antara para akademisi dan terbuka untuk semua kalangan (akademisi, cendekiawan dan pelajar).  Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling  menerima artikel dari hasil penelitian maupun gagasan pemikiran dalam bidang pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling

Current Issue

Vol. 12 No. 2 (2024): November
					View Vol. 12 No. 2 (2024): November

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember.  Pada edisi terbitan Vol. 12 No. 2 Tahun 2024, memuat beragam topik inovatif dalam dunia pendidikan, mencakup pengembangan keterampilan, kesejahteraan emosional, dan transformasi layanan pembelajaran. Artikel pertama membahas penggunaan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif mahasiswa, sedangkan artikel kedua mengeksplorasi praktik mindfulness dan refleksi spiritual sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan emosional santri. Implementasi Kurikulum Merdeka yang berfokus pada kesejahteraan siswa melalui mediasi kepercayaan diri menjadi sorotan dalam artikel ketiga, sementara artikel keempat mengkaji kecemasan karir pada siswa dan mahasiswa serta strategi mengatasinya. Inovasi layanan bimbingan konseling berbasis digital pasca-pandemi, yang berkontribusi pada pembentukan karakter dan prestasi siswa, diulas dalam artikel kelima. Nilai-nilai Pancasila yang diintegrasikan dalam materi pengajaran menulis bahasa Inggris oleh mahasiswa microteaching menjadi fokus artikel keenam, yang menekankan pentingnya pendidikan karakter. Di sisi lain, penerapan model role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dibahas dalam artikel ketujuh. Terakhir, metode "Voice Note Friend" untuk mendorong siswa pemalu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris menjadi topik pada artikel kedelapan. Semua artikel ini mencerminkan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi, pendekatan holistik, dan inovasi pedagogis.

Published: 2024-11-30

Articles

View All Issues