Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu

Authors

  • Faiqotul Himmah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Siti Roudlotul Hikamah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.772

Abstract

Keberhasilan pembelajaran abad 21 dapat diukur dengan meningkatnya dan antusiasnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran IPA di kelas XI IPA 2 MA Ma’arif Ambulu, dan diperoleh data bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 30% dimana data tersebut berarti bahwa siswa siswi- masih kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran RCCDE. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan penelitian presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,71% dengan kualifikasi cukup aktif dan siklus II dengan presentase 70,00% dengan kualifikasi aktif. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran RCCDE.

Downloads

Published

2020-10-25

How to Cite

Himmah, F. ., Roudlotul Hikamah, S., & Nurjanah, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu. JURNAL BIOSHELL, 9(2), 51–56. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.772

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>