Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Daruttaqwa Jombang

Authors

  • Imam Ahmad Qurtubi Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Miftahul Hakim Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Benny Afandi Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v13i2.2829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk, kelayakan produk, dan respon pengguna terhadap produk. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan langkah-langkah menurut Sugiyono. Proses pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahapan yaitu menyiapkan seluruh aspek pendukung pembuatan dan perancangan aplikasi, tahap perancangan soal asesmen, dan tahap desain aplikasi. Teknik analisis data yangdigunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan produk yang telah dirancang setelah diaplikasikan dalam produk jadi dan melakukan pengujian tingkat kelayakan produk, perolehan data kualitatif selanjutnya akan diubah menjadi kuantitatif menggunakan perhitungan skala likert. Validasi yang dilakukan yaitu validasi media dan materi dengan cara pendistribusian angket validasi. Uji coba yang dilakukan yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian, uji coba produk dilakukan oleh 3 peserta didik kelas IX dan guru mata pelajaran IPA, sedangkan uji coba pemakaian dilakukan oleh 15 peserta didik kelas VIII dan guru mata pelajaran IPA. Lokasi uji coba berlokasi di SMP Daruttaqwa Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Hasil penelitian yaitu, pengembangan produk menghasilkan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA SMP Daruttaqwa Jombang, validasi kelayakan media sebesar 86,66%, validasi kelayakan materi sebesar 76,66%, respon peserta didik pada uji coba produk sebesar 88,33%, respon guru pada uji coba produk sebesar 90%, respon peserta didik pada uji coba pemakaian sebesar 90,5%, dan respon guru pada uji coba pemakaian sebesar 87,5%. Ketetapan kualitas produk menggunakan kriteria minimal penilaian yang termasuk kategori “Layak” dengan persentase ≥ 56%. Berdasarkan ketetapan tersebut, instrumen asesmen diagnostik kognitif berbasis android dan desktop layak digunakan pada pelaksanaan asesmen diagnostik kognitif pembelajaran IPA SMP Daruttaqwa Jombang.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Qurtubi, I. A., Hakim, M., & Afandi, B. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Daruttaqwa Jombang. JURNAL BIOSHELL, 13(2), 99–110. https://doi.org/10.56013/bio.v13i2.2829

Most read articles by the same author(s)